Coba Aktivitas Seru Berburu Lobster di Pantai Timang Gunungkidul, Yuk!

Diposting pada

Berburu lobster di Pantai Timang merupakan salah satu aktivitas seru yang tak boleh Anda lewatkan saat mengunjungi pantai ini. Sebab, sebelum menjadi seperti sekarang ini, Pantai Timang merupakan sebuah area nelayan pemburu lobster. Karang yang berada di seberang pantai ini merupakan tempat ikan tersebut bersembunyi.

Konon katanya, hewan yang satu ini besar-besar serta mempunyai nilai jual cukup tinggi. Pantai Timang berlokasi di Kabupaten Gunungkidul, tepatnya terletak di Desa Purwodadi. Seperti yang Anda tahu, Gunungkidul memang mempunyai banyak sekali destinasi wisata pantai dengan segala keunikannya.

Lokasinya yang berada di bagian Selatan Provinsi DI Yogyakarta ini tidak menyurutkan pengunjung untuk berwisata bahari ke Gunungkidul.

berburu lobster di Pantai Timang
pixabay.com

Berburu Lobster di Pantai Timang Gunungkidul, Wajib Coba!

Pada mulanya, Pantai Timang ini bukanlah sebuah destinasi wisata. Pantai ini hanya dipergunakan oleh nelayan untuk berburu atau mencari lobster di sekitar pantai, khususnya di Watu Panjang atau Pulau Timang. Sebab, hewan yang satu ini terkenal hidup di batu karang serta bebatuan. Hal tersebut sangat cocok dengan topografi dari Pulau Timang atau Pulau Watu Panjang ini.

Karena Pulau Timang tersebut tidak seperti pulau kebanyakan yang dihiasi oleh pepohonan rindang. Pulau Timang ini hanya berupa batuan karang dengan tebing batu. Nah, guna mencapai pulau tersebut nelayan setempat membuat sebuah gondola tradisional (sederhana) yang bisa dipergunakan sebagai alat transportasi mereka dalam menyebrangi lautan untuk berburu lobster di Pantai Timang.

Kepopuleran Pulau Timang ini bermula pada saat Running Man, yang merupakan salah satu variety show ternama asal Negeri Ginseng berkunjung dengan mengirimkan 2 perwakilan anggotana.

Lee Kwang Soo dan Jeon So Min yang berkunjung pada tahun 2017 lalu. Lalu mereka mencoba menaiki wahana gondola yang terkenal cukup ekstrim, terlebih lagi apabila ombaknya sedang ganas. Bermula dari situlah, lama-kelamaan banyak yang berkunjung ke Pantai Timang ini dan mencoba wahana gondola itu, untuk memacu adrenalin mereka.

Kehadiran Gondola dan jembatan gantung menjadi ikon Pantai Timang, sehingga banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai wahana ekstrem pemicu adrenalin. Untuk menuju arah jembatan gantung dan gondolanya, pengunjung tinggal mengikuti jalur yang telah tersedia. Letak jembatan gantungnya sendiri pun bersebelahan dengan wahana gondola.

Gondola di Pantai Timang punya panjang kira-kira 100 m dan berada di ketinggian antara 9-11 meter. Terbuat dari besi yang dibentuk sedemikian rupa, serta hanya muat untuk 1 orang saja. Selanjutnya, pengunjung akan ditarik sampai berjalan di antara tali temali yang sudah tersusun. Apabila ombak tengah menggila, maka Anda akan terkena cipratannya.

Mencari Lobster di Pantai Timang Gunungkidul

Walaupun lokasinya sedikit tersembunyi serta butuh perjuangan, namun Pantai Timang mempunyai daya tarik yang sangat istimewa. Sejumlah pantai yang terdapat di Gunungkidul memang terbilang masih asri dan masing-masing hadir dengan keunikan tersendiri.

Begitu juga dengan Pantai Timang, pantai ini punya bentangan pasir yang luas. Terdapat dua bukit karang di kanan kiri pantai yang mengapitnya. Selain itu juga tersedia beberapa spot foto yang berada di atas tebing, sehingga menampilkan view alam eksotis dan tampak sempurna.

Selain naik wahana gondola dan menikmati keindahan panorama alamnya, Anda juga harus mencoba aktivitas seru berburu lobster di Pantai Timang. Lobster adalah komoditi utama dari para nelayan di pantai ini. Sehingga jangan sampai melewatkan kesempatan itu dengan menikmati lobster di Pantai Timang.

Dari segi rasanya, lobster ini pun sangat nikmat dan juga menggugah selera. Menikmati hidangan yang lezat dan bergizi berteman deburan ombak serta panorama alam yang masih asri adalah pengalaman yang sayang untuk Anda lewatkan.

Anda bisa ikut berburu lobster di Pantai Timang bersama dengan para nelayan setempat. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati. Sebab medannya yang sangat sulit serta sedikit licin.