Inilah Harga Tiket Masuk Pantai Timang Gunungkidul

Posted on

Pantai Timang terletak di Kabupaten Gunungkidul lebih tepatnya Kecamatan Tepus. Seperti yang kita ketahui Gunungkidul mempunyai banyak pantai dengan beragam keunikan. Lokasinya yang berada di Selatan Yogyakarta, tidak menyurutkan minat wisatawan untuk menjadikan tujuan destinasi. Untuk harga tiket masuk Pantai Timang sama seperti pantai lainnya. Untuk informasi lebih jelas bisa simak artikel ini hingga selesai.

Inilah Harga Tiket Masuk Pantai Timang Gunungkidul

Harga Tiket Masuk Pantai Timang Gunungkidul

Sebenarnya tarif tiket masuk ke Pantai Timang sangat murah, karena sama seperti retribusi masuk ke pantai lain di sekitar Kabupaten Gunungkidul. Tarif masuk Pantai sebesar Rp 10 ribu per orang dan belum termasuk biaya naik kereta serta menyebrang ke pulau.

Untuk memasuki area ini, Anda harus menyiapkan uang Rp 50 ribu belum termasuk tiket gondola. Jika Anda ingin menaiki gondola harus membayar Rp 150 ribu. Memang agak mahal, tetapi sensasi yang akan dirasakan luar biasa.

Apa Anda tahu, sebelum menjadi objek wisata Pantai Timang merupakan pulau yang digunakan untuk berburu lobster. Sejumlah penduduk sekitar dengan inisiatif membuat sebuah kereta untuk menghubungkan dari pantai menuju pulau di tahun 1996 silam.

Mereka membuat kereta gantung dari kayu, lalu digantungkan pada tali yang membentang dari pantai hingga ke pulau. Tali yang digunakan memiliki diameter 4 cm serta panjang kurang lebih 200 meter. Sebenarnya kereta gantung gondola Pantai Timang belum memiliki standarisasi dari dinas atau instansi tertentu.

Tetapi penggunaan tali berdiameter 4 cm lebih cepat daripada menggunakan tali yang terbuat dari baja atau besi. Karena hal itu membuat lebih mudah korosi dan berkarat, yang nantinya akan lebih mudah putus dan berbahaya.

Spot Menarik

Seperti yang kita ketahui Pantai Timang memiliki jembatan yang terbuat dari tali dan gondola. Hal ini merupakan ciri khas dari pantai tersebut. Gondola yang membentang dari pantai ke pulau yang berupa batu karang. Gundala terbuat dari kayu sederhana yang dipadukan dengan tali tambang lalu ditarik secara manual.

Ada petugas yang akan menarik tali secara manual agar gondola bisa berjalan. Kendala bisa dinaiki 1 hingga 2 orang, pengunjung akan merasakan sensasi melayang dari ketinggian 200 meter.

Jembatan gantung juga tidak kalah memacu adrenalin. Jembatan ini menghubungkan area pinggir pantai dengan pulau Timang. Selain menggunakan gondola Anda bisa menyebrang ke pulau menggunakan jembatan.

Sama seperti wahana gondola, Anda membutuhkan keberanian dan mental untuk bisa menyebrangi jembatan. Karena jembatan bisa bergejolak karena tertiup angin. sehingga Saat berjalan, ada sensasi goyangan dari atas jembatan.

Selain wahana jembatan gantung dan gondola pengunjung bisa berfoto di spot indah dengan latar belakang ombak. Terdapat spot foto kayu dan jembatan yang menjadi tempat favorit pengunjung. Dari lokasi ini Anda bisa melihat lautan yang luas serta batu karang yang akan menjadi latar belakang foto.

Kuliner khas pantai Timang adalah lobster. Karena masyarakat sekitar banyak yang mencari lobster di pulau. Pengunjung bisa membeli lobster langsung dari masyarakat setempat. Pastinya lobster akan lebih segar karena baru saja diperoleh dari lautan. Anda bisa memilih bumbu atau masakan untuk lobster serta harga yang ditawarkan relatif murah daripada di luar pantai.

Jika Anda sedang berkunjung di salah satu Pantai Gunung Kidul sempatkan diri untuk ke Pantai Timang. Karena harga tiket masuk Pantai Timang sama seperti pantai lainnya.