Ingin ke Pantai? Inilah Rute Menuju Pantai Timang Gunungkidul

Posted on

Anda sedang berkunjung di Yogyakarta dan ingin menikmati liburan? Anda bisa mengunjungi Pantai Timang sebagai tujuan destinasi. Untuk rute menuju Pantai Timang sedikit sulit dilewati daripada pantai lain. Mungkin hanya pantai timang yang mempunyai sensasi berbeda. Karena bukan hanya pemandangan yang indah tetapi wahana yang tersedia sangat memacu adrenalin.

Pantai ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu terletak pada sebuah kereta gantung atau gondola. Fungsi kereta gantung untuk menyebrang dari pantai ke Pulau Timang. Berbeda dengan pulau seperti biasanya, pulau ini mempunyai bukit yang terdiri dari tebing batu curam.

Ingin Ke Pantai Inilah Rute Menuju Pantai Timang Gunungkidul

Rute Menuju Pantai Timang Gunungkidul

Pantai Timang berada di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul sekitar 50 km dari Yogyakarta. Rute ke Pantai timang Gunung Kidul dari Kota Yogyakarta dimulai dengan mengikuti jalan ke arah Wonosari hingga pusat kota. Setelah itu ambil arah ke Pantai Baron hingga di pertigaan Mulo. Selanjutnya belok ke kiri menuju Pantai Siung hingga pasar Dakbong. Di sana sudah ada plakat menuju jalan ke Pantai Timang.

Untuk ke Pantai Timang Anda harus melewati jalan yang belum halus. Karena jalan ke Pantai Timbang masih berupa jalan bebatuan dan untuk sampai ke pantai kurang lebih sejauh 1,5 km dari jalan mulus.

Begitu memasuki wilayah pantai Anda akan disambut dengan keindahan dari perpaduan warna alam. Air pada bibir pantai memiliki warna hijau tosca serta semakin berwarna biru ke tengah laut. Tidak perlu diragukan lagi pastinya air begitu bersih dan jernih.

Ditambah dengan pasir pantai putih yang lembut melengkapi keindahan di pemandangan ini. Di sepanjang pantai banyak pepohonan hijau yang menyejukkan dan pantai begitu asri. Sebab eksistensi pepohonan menambah keeksotisan dari pantai dengan ombak yang tinggi.

Selain itu terdapat perbukitan yang banyak ditumbuhi pohon, hal ini membuat sejuk untuk dipandang mata. Batu karang yang besar dan gagah siap menghadang besarnya ombak yang menghantam pantai.

Sejarah Pantai Timang

Berbeda seperti objek wisata pantai lain yang mempunyai daya tarik utama pemandangan sekitar seperti laut yang biru dan pasir putih. Pantai ini memang mempunyai air yang hampir sama seperti yang lainnya tetapi ada ikon dari pantai ini yang sangat mendunia.

Di tengah laut terdapat sebuah pulau karang, pulau tersebut merupakan lobster laut yang besar serta sangat nikmat rasanya. Pulau ini terletak di tengah laut bukan pada tepian pantai. Untuk menuju ke pulau, Anda tidak bisa menggunakan kapal karena ombak di bawah pulau sangat keras. Apalagi pulau tersebut sangat tinggi, sehingga kapal tidak bisa membawa Anda ke pulau.

Para nelayan berinisiatif untuk membangun sebuah kereta gantung untuk bisa menyebrang ke Pulau Karang tersebut. Selain menjadi sarana buat mencari lobster ternyata rakyat sekitar memberdayakan potensi wisata yang ada. Mereka menarik perhatian para wisata untuk mencoba menaiki kereta gantung tersebut.

Jika Anda ingin berlibur ke Kota Yogyakarta dia lupa untuk mampir ke Gunungkidul. Gunungkidul memiliki potensi wisata favorit berupa pantai, salah satunya Pantai Timang. Untuk rute menuju pantai timang tidak terlalu jauh dari Kota Wonosari. Jadi Anda tidak perlu khawatir.